Buka Pelatihan Dewan Juri, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Palangka Raya (Humas) Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Assisten I Setda Provinsi Kalteng, Hamka membuka resmi kegiatan Pelatihan Dewan Juri Festival Seni Qasidah (FSQ) di aula Hotel Nascar Family, Jumat (26/2/2021) malam.

Kegiatan itu dilaksanakan kerjasama antara DPW Lasqi Provinsi Kalteng dengan Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 26-28 Februari 2021.

Dalam sambutan tertulis, Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Assisten I, Hamka menyampaikan apresiasi kegiatan itu. Dikatakan, dewan juri dalam setiap event seperti festival seni qasidah menempati posisi strategis karena menjadi penentu kualitas perlombaan/festival.

“Dewan juri adalah pihak yang paling bertanggungjawab dalam menjaga marwah festival. Karena itu, dewan juri harus betul-betul orang yang memiliki kompetensi, profesional, jujur dan bertanggungjawab,” ucapnya.

Karena itu, Gubernur berpesan agar para peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan sehingga materi/ilmu yang didapatkan dalam kegiatan betul-betul maksimal dan dapat diimplementasikan di kegiatan FSQ baik provinsi atau kabupaten/kota.

Gubernur juga berpesan agar kegiatan pelatihan dewan juri terus ditingkatkan dan dikembangkan sehingga Lasqi baik provinsi ataupun kabupaten/kota akan memiliki banyak kader calon dewan juri yang handal, kompeten dan berjiwa seni islami untuk keberkahan Kalteng.

“Kepada narasumber kami ucapkan terima kasih karena telah berkenan hadir memenuhi undangan panitia dan kepada peserta dan panitia, terus terapkan protokol kesehatan selama kegiatan sehingga penularan Covid-19 bisa dicegah,” ucapnya.

Sementara Ketua Panitia, Drs. H. Achmad Hairudin, M.Si melaporkan pelatihan dewan juri FSQ tersebut diikuti 40 peserta, terdiri dari 12 orang peserta perwakilan DPW Lasqi Provinsi dan 28 orang.

“Tujuan dilaksanakannya pelatihan dewan juri FSQ ini adalah untuk mendapatkan dewan juri FSQ yang berkualitas, profesional dan akuntabel,” ucapnya.

Plt Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng itu juga mengungkapkan pelatihan tersebut  sebagai sarana kaderisasi dewan juri FSQ di Bumi Tambun Bungai ini.

“Kita menghadirkan dua narasumber dari Jakarta yaitu dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Dr. Hj. Tuti Tarwiyah, M.Si dan dari DPP Lasqi, Asep Yusuf Zamzami. Semoga kegiatan kita semakin berkualitas,” ucapnya.