Apresiasi Lasqi Kalteng, Kakanwil Kemenag Bantuan Rp100 Juta  

Palangka Raya (Humas) Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, Dr. H. Abd Rasyid, M.Ag menyerahkan bantuan operasional Rp100 juta untuk Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (Lasqi) Provinsi Kalteng usai memberikan kata sambutan pada kegiatan pembukaan Pelatihan Dewan Juri FSQ, Jumat (26/2/2021) malam.

Bantuan diserahkan Kakanwil kepada Ketua Umum DPW Lasqi Kalteng, Hj. Rayuhani, ST di aula Hotel Nasca Family Palangka Raya.

“Saya selaku Kakanwil sangat mengapresiasi DPW Lasqi Kalteng yang terus berjuang melestarikan dan mengembangkan seni budaya kearifan lokal yang bernafaskan Islam di Bumi Tambun Bungai ini,” ucapnya.

Saat sambutan kegiatan pelatihan dewan juri FSQ yang diikuti oleh 40 peserta, Kakanwil juga berharap agar pelatihan itu akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dewan juri FSQ. Sehingga pagelaran FSQ baik di level kabupaten/kota hingga provinsi di Kalteng semakin berkualitas.

Kakanwil juga mengimbau agar Lasqi baik provinsi maupun kabupaten/kota terus menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan yang konsen dalam mengkaji dan mengembangakan seni budaya Islam seperti madrasah, pondok pesantren dan lembaga-lembaga lainnya.

“Saya juga ingin mengingatkan kita semua untuk terus menerapkan protokol kesehatan melalui lima M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumuman dan membatasi mobilitas dan interaksi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Ketua DPW Lasqi Kalteng, Hj. Rayuhani, ST menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Kementerian Agama terhadap DPW Lasqi Kalteng. Ia berharap Kemenag Kalteng terus memberikan arahan dan bimbingan agar Lasqi Kalteng bisa terus menjalan program secara maksimal.

“Salah satu program utama kita yang akan segera kita realisasikan adalah penyelenggaran FSQ ke 8 yang insyaallah akan kita laksanakan akhir Maret 2021 ini. Karena itu, seluruh DPD Lasqi kabupaten/kota kami minta untuk mempersiapkan diri. Dan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Kementerian Agama Provinsi Kalteng kami mohon dukungan dan bimbingannya,” ucapnya.

Sekedar diketahui, pelatihan dewan juri FSQ adalah kegiatan rutin tahunan yang digelar untuk meningkatkan kualitas dewan juri sekaligus wahana pengkaderan dewan juri FSQ.(*)